Tuesday 26 May 2009

Jusuf Kalla, Hadji Kalla, dan Bisnisnya

Kutipan dari catatan Rahmat Mansyur :

Bagikan
Hari ini jam 10:49

Diberbagai situs media..sering banyak komentar mengenai komitmen Bapak Jusuf Kalla(JK)..mengenai..ekono
mi kerakyatan / kebangsaan yang mandiri..mungkin mereka baru akrab dengan nama JK baru mulai tahun 2000.an..semenjak beliau duduk dikabinet...mulai di kabinet Gus Dur..

JK adalah pengusaha pribumi..yang bergerak di bidang otomotif..yaitu dealer mobil merek Toyota..banyak mungkin orang yang tidak tahu,,bahwa..JK-lah yang pertama merakit mobil Toyota..yang dibeli dari Jepang secara CKD..dibengkel mobil PO Bus Cahaya Bone..kemudian dipasarkan sebagai mobil dinas..di pemerintahan untuk perkebunan..ketika itu jalan-jalan di Sulsel..belumlah semaju sekarang..jadi rata2 mobil yang dirakit..adalah penggerak 4 roda..(info ini saya dapat dari mekanik yang merakit mobil tersebut)..hanya karena keterbatasan SDM, infrastruktur..dan dana...di Makassar ketika tahun 76, maka pabrik Toyota akhirnya..dibangun di Jakarta...dan Hadji Kalla memposisikan diri..sebagai dealer utama...

PO Bus Cahaya Bone salah satu tiang pendiri Hadji Kalla, tidak diperbesar(dibonsai)...disebabkan Pak JK tidak mau mematikan pengusaha angkutan di Sulawesi Selatan..Tengah, atau Tenggara..yang baru tumbuh..karena komitmennya tidak mau bersaing dengan pembeli mobilnya yang baru berusaha di mobil angkutan..makanya angkutan Plat Kuning..milik perseorang relatif tumbuh pesat di Makassar...kalo Pak JK mau menguasai pasar....apa susahnya..dia punya mobil eks rental ..bengkel...dll..

Pak JK..juga sebagai pengusaha juga inovatif..kalo mo ditilik garbarata (belalai gajah)..pertama-tama dibuat..oleh Bukaka ..sebagai industri manufaktur ..milik JK..yang sekarang banyak dipakai diberbagai bandara di Indonesia....

Tahun 80'an ketika deklarasi Jimbaran..dibuat oleh pengusaha2 kroni Soeharto..tentang share ekonomi..ke UKM dan ke usaha kecil....Pak JK yang pertama mengkritisinya..dengan angka2..bahwa deklarasi itu hanya lipstick belaka...realisasinya dilapangan sangat bertolak belakang...walhasil posisi Menteri ..yang dipernah mo.. diberikan kepada beliau akhirnya..diserahkan ke orang lain..pada masa itu Pak JK..mendapat julukan Menteri Akan...krn namanya..selalu muncul dalam bursa.kabinet...tapi akan hilang dalam pengumuman..semua itu mungkin akibat sifat bicara beliau yang lugas dan terus terang.(biasalah OrBa..paling benci dengan kejujuran.dan keterbukaan..)..

Kalo soal bantuan ke Musholla/Mesjid..walau tidak berlebih2an..dan menghindari Riya. sudah dari dulu...JK dan Hadji Kalla..sudah sering memberikan bantuan..dan sudah begitu dari dulu....Pak JK punya hobi kalau ke daerah-daerah..dinas..kantor..pertama2 yang disinggahi adalah mesjid..dan memeriksa sound systemnya..jadi kalo JK seneng ke Pesantren mah biasa..selain punya pesantren..beliau..memang akrab dengan lingkungan mesjid..itu sendiri..rumahnya di Jalan Andalas bertetangga dengan Mesjid Raya Makassar dari dulu...

Kantor pusat Hadji Kalla terletak dipasar Sentral...Jln HOS Cokroaminoto No. 27 Makassar..sangat dikenal..oleh Masyarakat Sulawesi Selatan..pada hari Jum'at..menjadi mesjid untuk Sholat Jum'at..jadi karyawan Hadji Kalla mo sholat Jum'at cukup disamping meja kerjanya...praktis kan...krn satu kantor dipenuhi..jemaah sholat Jum'at..

Kalo kantor2 lain sering ditemui kata2 tidak menerima permintaan sumbangan selain ijin RT/RW atau Lurah..kalo dikantor Hadji Kalla..malah unik..karena ada kata-kata..seperti gini..Permintaan Sumbangan Umum/Mahasiswa.. ke Lantai 3 di Departemen Administrasi Umum...mengenai proposal itu dieksekusi atau bukan..tergantung ketersediaan dana..

Kalo Pak JK..akrab dengan pasar yah biasa..karena JK punya perusahaan..yang menangani..Pasar Regional Daya..plus Terminal Bus antar kota..dan juga Mal..yaitu Mal Ratu Indah..jadi udah akrab..nggak dibuat2..sesuai aja..

Kalo JK..sangat akrab dengan infrastrukstur seperti jalan..jembatan, pelabuhan..karena pak JK..tahu bagaimana sulitnya.. transportasi diberbagai kawasan.Indonesia...dan bagaimana sarana2... tersebut..mempengaruhi.peningkatan pendapatan masyarakat secara keseluruhan..terutama petani dan petambak..dengan kemudahan akses pasar...

Salah satu ide cemerlang JK adalah mengubah..paradigma jalan nasional..dari aspal (impor) ke semen..(dalam negeri)..ide ini sepele..tapi hasilnya luarbiasa...dimana produksi semen indonesia laku keras..juga pabrik besi..dan batu kerikil....sederhana tapi ngefek..

Belum konversi gas dari mitan..hasilnya luarbiasa memindahkan dana subsidi yang tadinya outflow.(ke Singapura, Kuwait, Arab Saudi dll)...menjadi inflow..karena gas adalah produksi sendiri..belum pabrik kompor gas..dan tabung gas..yang full capacity..karena order..yang begitu besar..dan terakhirnya Pertamina kelebihan produksi Avtur(biasanya impor)..krn mitan bisa dikonversi menjadi Avtur..akhir kata..kita ekspor Avtur..

Jadi..kalo anggota2.. Kadin sampai Standing Applaus..dalam dialog Presiden pilihan kita...yah wajar....saja.....

Salam
Forum Anak Bangsa

No comments:

Post a Comment