Saturday 6 June 2009

JK Dukung KPK Ambil Alih Kasus BLBI

sumber: http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=8&jd=JK+Dukung+KPK+Ambil+Alih+Kasus+BLBI&dn=20080919153416


Masalahnya, siapa gerangan yang tidak mendukung. Kok kasus yang melibatkan uang rakyat begitu banyak, ratusan triliun rupiah, tak kunjung terbongkar. Kok SBY malah menerima penerima BLBI ini di Istana Negara?

JK Dukung KPK Ambil Alih Kasus BLBI

Oleh : Aldy Madjid

19-Sep-2008, 15:34:16 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mendukung langkah KPK untuk mengambil alih kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dari Kejaksaan Agung. Pernyataan tersebut disampaikan Wapres Jusuf Kalla dalam keterangan persnya usai Sholat Jumat di Istana Wapres Jakarta, Jumat (19/9).

Menurutnya, dalam kasus BLBI memang diperlukan adanya pemeriksaan khusus atau ekstra ordinary, seperti dapat melakukan penggeledahan setiap saat dan dapat melakukan penyadapan pembicaraan. Kewenangan tersebut, tandasnya, hanya dimiliki oleh KPK.

Wapres juga menjelaskan, tindakan KPK untuk mengambil alih kasus BLBI dari Kejagung juga dibenarkan oleh undang-undang, dimana berdasarkan UU yang ada, jika terdapat kasus yang mandeg maka KPK wajib untuk mengambil alih.

Terkait dengan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) kasus BLBI yang telah dikeluarkan oleh kejaksaan, Wapres mengatakan, jika pihak Kejaksaan kembali menemukan bukti-bukti adanya hal yang menyalahi aturan dalam penerbitan SP3 tersebut maka SP3 harus dicabut.

No comments:

Post a Comment